Senin, 24 Januari 2011

MEMBERI DALAM KEKURANGAN

LUKAS 21 : 1-4

Besar dan kecil, banyak atau sedikit, setiap persembahan seseorang pasti diketahui Tuhan meskipun orang lain tidak mengetahuinya. Apalagi motivasi masing-masing orang dalam memberikan persembahan, Tuhan sangat mengetahuinya. Banyak terjadi bahwa orang-orang yang hidup dalam kekurangan dan pas-pasan saja suka memberikan persembahan. Orang-orang ini merasa berbahagia bila dapat mempersembahkan sesuatu bagi pekerjaan Tuhan, sebab mereka merasa dan mengakui bahwa mereka hidup karena anugerah dan kemurahan Tuhan. Jika hari demi hari mereka dapat makan dan minum mereka bersyukur kepada Tuhan. Sebagai wujud rasa syukurnya hati mereka tergerak untuk mempersembahkan sesuatu bagi pekerjaan Tuhan walaupun uang tersebut diambil dari kekurangannya.

Bagi mereka yang berlimpah harta tentunya tidak terlalu sulit memberikan persembahan bagi pekerjaan Tuhan. Namun kenyataannya banyak orang kaya enggan mengeluarkan uang kecuali bila persembahan itu membawa keuntungan bagi dirinya atau reputasinya. Secara umum, sangat mudah mengulurkan tangan memberikan bantuan atau persembahan jika pemberian itu diketahui oleh orang banyak. Lain halnya dengan orang miskin yang justru memberi dengan sembunyi-sembunyi karena merasa persembahannya itu sangat sedikit dan tidak berarti, namun mereka memberikan dengan hati yang rela. Persembahan yang demikian yang sesungguhnya berkenan di hati Tuhan.

Persembahan yang kecil jika diambil dari kekurangan akan menjadi lebih besar daripada pemberian yang diambil dari kelimpahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar