Minggu, 02 Januari 2011

HIDUP YANG BERSANDAR KEPADA TUHAN

MAZMUR 119:16

Seringkali kita dalam menghadapi masalah yg berat, iman kita menjadi mudah goyah/lemah. Supaya iman kita menjadi kuat dan teguh, satu-satunya cara yaitu kita harus menyukai akan Firman Tuhan. Oleh karena itu kita harus sering-sering baca dan belajar akan Firman Tuhan. Mungkin ada banyak orang yg tidak suka atau malas membaca Alkitab. Jadi kalau pada saat berada di Gereja /Persekutuan, baru baca Alkitab, setelah itu sampai di rumah langsung disimpan di lemari, dan pada saat akan ke Gereja/Persekutuan baru dikeluarkan kembali. Alasannya kalau mau baca Alkitab di rumah, "gak ada waktu", dan yg lainnya. Mungkin terucapnya alasan itu didukung oleh terlalu sibuknya seseorang dalam aktivitasnya sehari-hari.

Namun seperti yg dikatakan di ROMA 10:17.." jadi iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus". Contohnya dengan kita sering hadir di Persekutuan seperti di Gereja, di FA/Komsel, atau di Doa malam. Jadi semakin kita sering mendengar akan Firman Tuhan, maka secara langsung akan membangun iman kita menjadi semakin kuat dan tidak mudah goyah. Dengan iman yg kuat, maka kita akan siap menghadapi setiap masalah. Dalam menghadapi masalah, kita perlu belajar dari Daud. Daud di sepanjang hidupnya, tidak pernah lepas dari masalah, tekanan, bahkan ancaman, tapi hal itu tidak membuatnya menjadi lemah dan putus asa, tapi sebaliknya ia jadi semakin kuat menaruh iman percayanya kepada Tuhan. Yang membuat Daud bisa seperti itu, karena Daud menyukai Firman Tuhan, sehingga Daud bisa menyikapi setiap masalah dengan mata iman.

Jadi apa yg dilakukan Daud itu sungguh luar biasa. Pada saat menghadapi Goliat, yg begitu besar, Daud tetap focus kepada Tuhan. Tidak focus pada masalahnya. Karena Daud melihatnya dengan mata iman dan tetap focus kepada Tuhan, akhirnya Goliat bisa dikalahkan, meskipun secara akal sehat itu sulit terwujud. Jadi melalui contoh Daud, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa semakin kita intim dengan Tuhan, makin kita mampu berjalan melalui setiap masalah dan cobaan dengan penuh keyakinan. Apabila kita menjadikan Yesus menjadi titik focus perjalanan iman kita, maka Dia akan mendewasakan dan menyempurnakan iman kita. Tuhan juga menghendaki agar kita berjalan dengan iman yg terus bertumbuh. Dan iman yg seperti itu hanya akan kita peroleh jika kita terus belajar dan hidup dalam Firman Tuhan. Jadi sesibuk apapun kita, mari kita meluangkan waktu untuk sesuatu yg paling penting dalam hidup kita yaitu mendalami akan Firman-Nya....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar