Selasa, 04 Januari 2011

BAGAIMANA DENGAN TALENTA YG KITA PUNYA?

MATIUS 25:20-21

Banyak dari kita yg sudah mengetahui kisah mengenai perumpamaan talenta ini. Ada 3 orang hamba yg dipercayakan harta oleh tuannya. Hamba pertama diberi 5 talenta, yg kedua diberi 2 talenta dan yg ketiga diberi 1 talenta, sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Hamba pertama dan kedua mengelola dan mengembangkan talenta yg dipercayakan kepada mereka, sehingga ketika tuannya datang mereka bisa mempertanggung jawabkan dan mereka memperoleh yg lebih besar. Beda dengan hamba yg ketiga, dia tidak mampu mengembangkan talenta yg dipercayakan kepadanya, walaupun jumlahnya kecil. Sehingga ketika tuannya datang, apa yg dimiliki oleh hamba itu malah diambil darinya.

Kemampuan seseorang akan sangat berpengaruh kepada apa yg akan dipercayakan kepadanya. Hal ini juga berlaku dalam setiap aspek kehidupan orang percaya, baik keluarga, studi, pekerjaan, keuangan, karir, bisnis, pelayanan, dan lainnya. Yang harus kita lakukan agar bisa mengembangkan kapasitas diri hingga memperoleh kepercayaan yg lebih besar lagi yaitu:
  1. Bertindak dengan iman, karena jika kita bertindak dengan iman berarti kita melangkah maju dengan pikiran positif, dan yakin bahwa Tuhan pasti menyertai langkah kita. Oleh karena itu singkirkan segala pikiran negatif, ketakutan, kekuatiran dan segalanya yg menjadi penyebab kita tidak bisa melangkah.
  2. Setia dalam perkara kecil, Ketika kita setia dalam perkara kecil, yg mungkin tidak berarti di mata manusia, maka kita sedang memperkuat kapasitas diri kita untuk dapat dipercaya mengemban tugas dan tanggung jawab yg lebih besar lagi. Jangan anggap remeh dengan apa yg kita jalani saat ini. Jangan mengeluh atas apa yg terjadi kepada kita saat ini. Tapi bersyukurlah dan jalanilah apa yg kita punya saat ini.
  3. Tunggu waktu Tuhan, karena pada waktunya Tuhan akan melihat apakah kita cukup setia melakukan apa yg telah dipercayakan kepada kita saat ini. Kita tidak pernah tahu kapan waktunya Tuhan. Tapi ketika waktu Tuhan terjadi dalam hidup kita, maka Dia akan memberikan kepercayaan yg lebih besar lagi kepada kita. Jangan menyerah dengan keadaan kita saat ini karena Tuhan sedang melihat apakah kita cukup sabar menanti waktu-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar